Sunday, March 31, 2019

Pondasi Batu Kali, Pondasi Cakar Ayam, dan Pondasi Menerus

Pondasi Batu Kali, Pondasi Cakar Ayam, dan Pondasi Menerus

Pondasi Rumah

Pondasi artinya komponen struktur yg terletak paling bawah serta berhubungan langsung dengan tanah,sebab pondasi bersinggungan langsung tanah sering terjadi resiko rembesan air tanah yang naik ke struktur diatasnya sehingga dapat merusak bangunan.Agar bisa mengatasi rembesan air tanah tadi maka di struktur pondasi perlu diberikan campuran trasraam yang artinya adukan semen serta pasir tetapi komponen semen dalam adukan diperbesar yaitu 1 semen : 2 pasir.
Pondasi merupakan bagian dari struktur yg sangat menentukan kekuatan serta kekokohan sebuah tempat tinggal.Pondasi berfungsi memikul semua beban tempat tinggal mulai dari beban dinding, plafond, atap, atau bangunan pada atasnya Jika bangunan berlantai 2 atau lebih.
Pondasi tempat tinggal umumnya menggunakan pasangan batu belah dengan perekat adukan semen dan pasir.Buat bangunan rumah 2 lantai, pasangan pondasi batu kali perlu dibantu dengan pondasi plat beton pada setiap pojok atau persimpangan tembok (persis di bawah kolom).
Pondasi plat beton biasa dianggap orang “ pondasi cakar ayam ”.Perbandingan semen pasir pada adukan perekat pasangan pondasi batu kali mulai adukan 1 semen : 3 pasir, 1 semen : 4 pasir, dan paling rendah 1 semen : 5 pasir.
Pasir yg digunakan haruslah pasir pasang yang berkualitas dengan kandungan tanah yg sangat kecil.
Batu pondasi yang digunakan sebaiknya batu belah berkualitas, sebab jika bukan batu belah umumnya permukaannya tidak baik terlapisi tanah yg mengeras sebagai akibatnya kurang bersenyawa dengan perekat adukan.Pada pembangunan suatu bangunan yg umumnya hanya tediri paling besar sebanyak 2 lantai dimana beban yang dipikul  pondasi tidak terlalu berat  maka pada umumnya hanya dikenal tiga jenis pondasi.
Ketiga jenis pondasi tersebut dibagi berdasarkan manfaatnya menjadi berikut :
  • Pondasi batu kali menerus
Seperti namanya pondasi ini terbuat dari pasangan batu kali yang keras yang diatur satu sama lain supaya melekat menggunakan adukan semen dan pasir.Dimana posisi pondasi ini terletak dibawah pasangan dinding yg akan dipasang, karena pondasi ini berfungsi buat menyangga beban asal konstruksi dinding yg akan dirancang supaya stabil dan kokoh.Selain menjadi penahan beban dinding pondasi ini juga bisa berfungsi sebagai pelawan tanah urugan buat peninggian rumah.
  • Pondasi Cakar Ayam atau pondasi pelat beton setempat / Pondasi setapak.
Pondasi ini terbuat dari beton bertulang, yg berfungsi sebagai pijakan struktur kolom tempat tinggal agar stabil, bertenaga serta kokoh.Kolom ini nantinya akan sebagai tiang penyangga berdirinya rumah dan kawasan atap bertumpu.
Pondasi ini berbentuk plat persegi dengan ukuran bervariasi tergantung beban dan penggunaannya.Besi tulangan pondasi plat ini terlihat seperti kaki ayam, sehingga orang sering menyebutnya pondasi cakar ayam.Tebal plat pondasi ini umumnya antara 10 cm – 15 cm tergantung juga terhadap beban struktur bangunan.Oleh karena itu kualitas beton sebagai komponen paling penting dari pondasi cakar ayam ini wajib sesuai dengan perhitungan struktur.
Sesuai dengan kegunaannya tadi maka posisi pondasi ini umumnya terletak dibawah kolom atau sudut-sudut pertemuan dinding yang terdapat kolom struktur bangunan.
  • Pondasi pelat beton menerus.
Dimana pondasi ini pula terbuat dari beton bertulang, yang berfungsi selain menjadi tumpuan kolom -kolom, berfungsi juga menjadi tumpuan konstruksi dinding pengganti pondasi pasangan batu kali menerus.
Karena pondasi ini menggantikan pondasi pasangan batu kali yg menerus pada bawah dinding yang kita pasang maka posisi pondasi ini mengelilingi tempat tinggal tepat di bawah  letak dinding.
Ada juga yang terdapat serta pula terletak dibawah bagian kolom terutama di sudut pertemuan antar dinding.Pondasi Plat menerus biasanya di gunakan pada tanah yang kurang stabil seperti bekas rawa atau persawahan atau bekas tanah urugan yang cukup tebal.

No comments:

Post a Comment